LETAK DAN KEADAAN GEOGRAFIS

Sabtu, 21 Januari 2012 Label:

         Kecamatan Peling Tengah merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah yang terletak dipesisir pantai bagian tengan Pulau Peling dengan batas–batas sebagai berikut : Sebelah utara berbatasan dengan wilayah Kecamatan Tinangkung, sebelah Timur berbatasan dengan wilayah Kecamatan Liang dan Tinangkung,sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Kecamatan Liang.

          Ditinjau dari keadaan musim dikecamatan Peling Tengah termasuk daerah beriklim sedang dengan curah hujan rata – rata 1.200 – 1.500 mm tahun, maksimum pada bulan mei, juni,juli, dan agustus setiap tahun, sedangkan pada bulan September, oktober, November dan desember adalah musim kemarau, seta musim pancaroba terjadi sekitar januari,pebruari, maret, april.bentuk dan keadaan permukaan tanah terdiri dari dataran rendah, sedangkan pada bagian utara permukaan tanah terdiri dari dataran rendah berbukit.
Keadaan permukaan tanah ini sebagian besar dipergunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan yang dapat ditanami umbi-umbian, kacang-kacangan,biji-bijian, kelapa,cengkeh, jambu menthe,coklat serta tanaman lainnya, sedangkan pada keadaan pesisir pantai terutama didaerah laut dapat digunakan untuk penangkapan ikan dan pembudidayaan rumput laut . dari  wilayah kecamatan peling tengah tersebut dapat dirinci penggunaannya sebagai berikut : perumahan / pemukiman penduduk,banunan umum, pertanian/ perkebunan, peternakan, perikanan,perdagangan perekonomian dan lain-lain.

          Berdasarkan data kependudukan dari dinas kependudukan dan catatan sipil pada kantor camat peling tengah sampai dengan bulan juli tahu 2010 tercata jumlah kepala keluarga 2.591.
Sebagian besar penduduk kecamatan peling tengah adalah menganut agama islam dan selebihnya agama Kristen. Pada umumnya mata pencaharian penduduk adalah bertani,nelayan serta bagian kecil penduduk bekerja sebagai PNS<pedagang,dan wiraswasta.pendudk kecamatan peling tangah terdiri dari berbagai suku yang sebagian besar adalah suku banggai (sea-sea), dan sebagian kecilterdiri dari suku saluan, balantak,poso, manado,jawa dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
cAtAtAn AnAk pELiNg TeNgAh © 2011 | Design Template by Utta Vifer | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0