SEJARAH TERBENTUKNYA KECAMATAN PELING TENGAH

Sabtu, 21 Januari 2012 Label:
            Kecamatan Peling Tengah adalah wilayah kabupaten Banggai Kepulauan yang tepatnya didesa patukuki yang terdiri dari kelompok : kelompok nono,tinobong, lipumosua lasa dan sampanga. Kelima kelompok ini dijadikan dua kelompok yaitu kelompok sampanga dan kelompok popompong.
          Kecamatan Peling Tengah yaitu didesa patukuki berasal dari nama dua orang suami istri, yang bernama patuku dan tuki, yang memberi makan dua ekor ayam (manuk),jantan dan betina dari raja banggai yang berarti batukuki.
          Pada zaman penjajahan belanda masuk seorang yang bernama Deguguh sapiah, yang nama aslinya adalah Salfiullah dan membentuk pemerintahannya dengan julukan basalo yang berasal dari palabatu.
          Asal terbentuknya Basalo Patukuki, setelah terbentuknya Basalo Sangkap dari Banggai yakni Basalo Monsongan, Basalo Gonggong, Basalo Dodung, Basalo Boneka yang memegang Basalo pertama adalah Basalo Sampanga yang tidak diketahui namanya. Dan kepemerintahan sampai akhir hayatnya dan dilanjutkan oleh keturunannya. Setelah dipegang oleh Basalo Ngokio.
Adapun susunan kepemerintahan setelah basalo ngokio adalah sebagai berikut :
-          Tahun 1930 pemerintahan dipegang oleh basalo kokobe yambata
-          Tahun 1930 – 1931 pemerintahan dipegang oleh Basalo Badu
-          Tahun 1933 – 1955 pemerintahan dipegang oleh Basalo Hi. Husen malingong
-          Tahun 1955 – 1957 pemerintahan dipegang oleh Basalo Kasim Samat
-          Tahun 1957 – 1964 Pemerintahn dipegang oleh Basalo Hi.Husen Malingong
-          Tahun 1964 – 1968 Pemerintahan dipegang oleh Basalo Usman Alabia.
-          Tahun 1968 – 1972 Pemerintahan dipegang oleh Basalo Hilal Sugala.
-          Tahun 1972 – 1974 Pemerintahan dipegang oleh Basalo Hasan Tamindong.
-          Tahun 1974 – 1995 Pemerintahan dipegang oleh Basalo A.G Yambata.
-          Tahun 1995 – 2003 Pemerintahan dipegang oleh Basalo Hasairin Amir Suluon.
-          Tahun 2003 – 2009 Pemerintahan dipegang oleh Basalo Hi. Marwanto Malingong
-          Tahun 2009 sampai dengan sekarang ini pemerintahan Desa dipegang oleh Hapit Yalibuka.

Dan pada tahun 2007 Desa Patukuki telah resmi dimekarkan menjadi Kecamatan dengan nama Peling Tengah,berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Nomor 7 Tahun 2007 tanggal 5 April 2007 yang Kepemerintahannya pertama kali dipegang oleh seorang Camat yang bernama Drs.Kusnan Lamonjong(2007-2008) kemudian digantikan oleh Manan Dengkeng,SE (PLT Camat selama 8 bulan) dan selanjutnya Pemerintahan di Kecamatan Peling Tengah dipegang oleh seorang Wanita yang bernama Eka Silawati Sipatu,A.Mk.S.Pd.M.Kes dari Tahun 2009 sampai dengan sekarang ini.

2 komentar:

  • mantap gan postingannya, mempromosikan daerah sendiri, lanjutkan! tetapi setau ane sih yang bukan orang pemerintahan, desa tetap desa susah untuk menjadi kecamatan, kalau desa berubah status menjadi kelurahan baru wajar bro, ni aku ada kutip dari blog sebelah:Berdasarkan Kepmendagri No.4 tahun 2000 tentang Pedoman Pembentukan Kecamatan dijelaskan bahwa pembentukan kecamatan ditetapkan dengan Perda dan memperhatikan kemampuan Kabupaten/Kota.

    Dalam Kepmendagri tersebut pembentukan sebuah kecamatan harus memenuhi kriteria-kriteria yaitu jumlah penduduk (minimal 10.000 jiwa), luas wilayah (minimal 7.5 KM2) dan jumlah desa/kelurahan (minimal 4 Desa/Kelurahan).

    Jika Patukuki dimekarkan menjadi kecamatan itu berarti desa patukuki harus dimekarkan mminimal menjadi 4 desa baru, apakah wajar sebuah desa dibagi menjadi 4 desa, yang wajar kalau dibagi menjadi 2 desa bro, karena luas wilayah yang diperhatikan bro!

    Mungkin agan salah pengertian, mungkin bukan pemekaran desa menjadi kecamatan namun akibat adanya pemekaran pada kecamatan sebelumnya yang mengakibatkan Desa Patukuki memiliki fungsi ganda yaitu sebagai Desa juga berperan sebagai Ibukota kecamatan! kayak di tempatku, desa sambiut tetap menjadi desa sambiut namun disamping itu ia berberan juga sebagai ibu kota kecamatan bro! Nah jika seperti yang agan tulis diatas tuh "Patukuki telah resmi dimekarkan menjadi Kecamatan dengan nama Peling Tengah" itu menggambarkan desa patukuki telah tiada dan sekang menjadi kecamatan peling tengah, coba agan pulang ke kampung dulu trus tanya di kampung masih ada kepala desa tidak jika tidak ada berarti agan benar jika masih ada berarti Patukuki masih seperti dulu yaitu sebuah desa namun dimandatkan berperan sebagai ibu kota kecamatan, Oke bro! Semoga sukses main-main ke blog aku ya gan! sekalian komennya di blog aku! http://coretan-anak-pulau.blogspot.com/

  • Oh iya ane balik lagi coz lupa komen, komen yang pertama tuh untuk paragraf terakhir dan yang sekarang untuk paragraf 1 dan 2 oke bro silahkan menyimak!
    Untuk paragraf satu dan dua kalu boleh tolong dikoreksi gan, karena setau ane sih benar apa tidak neh, Kecamatan peling tengah itu merupakan suatu kecamatan yang berada di wiayah kabupaten banggai kepulauan dan beribukotakan di desa Patukuki, jadi agan gak ble bilang "Kecamatan Peling Tengah adalah wilayah kabupaten Banggai Kepulauan yang tepatnya didesa patukuki" dan "Kecamatan Peling Tengah yaitu didesa patukuki", mengapa ane bilang agan gak ble bilang begitu? coba agan lihat kata-kata agan seakan-akan desa patukuki adalah kecamatan peling tengah padahal desa patukuki kebetulan dijadikan sebagai ibu kota! agan memabahas masalah sejarah peling tengah jadi jangan di kesampingkan desa-desa lain yang berada di kec. Peling tengah, karena kalau gak ada desa-desa yang lain kecamatan peling tengah tuh gak ada, kasian kan desa tombos dan lainnya gak disinggung soal kecamatannya, yang relevan ajalah! kalau agan mau bicara tentang sejarah mengapa desa Patukuki bisa menjadi ibu kota kecamatan baru dikit pas, oke bro! btw ane mau nanya neh di atas ada tertulis deguguh, kalau ble tau deguguh itu apa coz setau ane sih yang ada sih itu Jogugu mungkin sama ya gan? maap ane gak pernah dengar, oh iya pada paragraf 3 mungkin bleh di koreksi Basalo boneka tuh, mungkin maksud agan basalo boneaka, coz nanti salah pengertian, kalau orang bangkep yang baca gak apa2 mungkin mereka bisa paham tetapi kalau orang lain yang baca mereka pikir oh dibangkep ada yang namanya basalo boneka ya, kok namanya lucu sih, he,,he,,, Peace! --------------Seberkas Coretan Semenanjung Anak Pulau http://coretan-anak-pulau.blogspot.com/-----------------

  • Posting Komentar

     
    cAtAtAn AnAk pELiNg TeNgAh © 2011 | Design Template by Utta Vifer | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0